Numismatik Lebih dari Sekedar Hobby


Numismatik adalah sebutan bagi orang yang yang hobby mengumpulkan ataupun mengoleksi uang-uang yang sudah tidak beredar lagi dan bisa dikatakan uang kuno atau uang jaman dulu. ya itu salah satu kegiatan yang saya lakukan sejak 4 tahun yang silam. bagi saya mengumpulkan uang kuno bukan hanya sekedar hoby tapi ada sisi lain yang bisa saya nikmati.

Ya menikmati dan memandang uang kuno serasa saya berada pada dimensi lain pada waktu itu. ada nilai sejarah yang terkandung dalam selembar dan maupun sekeping koin uang kuno.

di indonesia bayak sekali uang kuno yang beredar pada jamannya masing-masing. baik pada waktu jaman prasejarah maupun sudah memasuki jaman kerajaan, penjajahan maupun jaman sesudah kemerdekaan.

nilai sejarah yang terkandung dalam uang kuno bagi saya sangat membangkitkan rasa ingin tahu lebih dalam mengetahui jejak rekam peredaran uang yang ada di indonesia.

selain nilai sejarah yang terkandung di dalamnya, mengoleksi uang kuno juga bisa dijadikan salah investasi. ya memang dari tahun ketahun nilai jual uang kuno semakin menaik dari harga puluhan ribu bahkan jutaan rupiah.

 

 

 

Nama Lagu Daerah Di Indonesia


Indonesia kaya akan seni budayannya,salah satunya lagu daerah.

Berikut Nama lagu tiap daerah di indonesia

NAD

TAPANULI

SUMATERA TIMUR

SUMATERA BARAT

SUMATERA SELATAN

MADURA/JAWA TIMUR

JAWA TENGAH

JAWA BARAT

JAKARTA

SULAWESI UTARA

  • O Ina Ni Keke,
  • Si Patokaan,
  • Tahanusangkara
  • O Ina Ni Keke
  • Tahanu Sangkara
  • Esa Mokan

SULAWESI TENGAH

SULAWESI SELATAN

KALIMANTAN SELATAN

KALIMANTAN BARAT

KALIMANTAN TENGAH

  • Tumpi Wayu,
  • Kalayar,
  • Naluya.

BALI

MALUKU

PAPUA

Nusa Tenggara

Daftar Jenjang Pangkat dan Jabatan Guru PNS


Jenjang pangkat guru yang berstatus PNS sebagaimana Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) Nomor 84 Tahun 1993 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya adalah dimulai dari Pengatur Muda dengan golongan ruang II/a atau disebut Guru Pratama untuk sebutan berdasarkan ”jenjang jabatan”. Dan, guru dapat menduduki pangkat paling tinggi Pembina Utama dengan golongan ruang IV/e atau jabatan Guru Utama.

Berikut daftar lengkap ”jenjang pangkat” dan ”jenjang jabatan” menurut golongan ruang.

No Gol/ru Jenjang Pangkat Jenjang Jabatan
1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.

II/a

II/b

II/c

II/d

III/a

III/b

III/c

III/d

IV/a

IV/b

IV/c

IV/d

IV/e

Pengatur Muda

Pengatur Muda Tk.I

Pengatur

Pengatur Tk.I

Penata Muda

Penata Muda Tk.I

Penata

Penata Tk.I

Pembina

Pembina Tk.I

Pembina Utama Muda

Pembina Utama Madya

Pembina Utama

Guru Pratama

Guru Pratama Tk.I

Guru Muda

Guru Muda Tk.I

Guru Madya

Guru Madya Tk.I

Guru Dewasa

Guru Dewasa Tk.I

Guru Pembina

Guru Pembina Tk.I

Guru Utama Muda

Guru Utama Madya

Guru Utama

curhatku pada “ALLAH DAN WORDPRESS”


mungkin saya orang yang tidak gampang mencurahkan unek unek isi hati saya pada orang lain.
apalagi kalau menyangkut masalah rumah tangga.

saya lebih memilih untuk mencurahkan isi hati saya pada ALLAH sang maha melihat dan maha mendengar.
dan juga pada wordpress. kok gitu?? biarkan saja, semau saya dong!
saya yakin dan seyakinnya allah maha mendengarkan curahan hati setiap makhluknya.
saya yakin allah akan memberikan solusinya terhadap masalah yang di berikan kepada mahkluknya.
jadi teringat bahwa mulutmu harimaumu.
mulutmu bisa membawamu ke tempat paling hina.

satu lagi curhatku pada wordpress. kok pada wordpress??
iya,
unek unek isi hati yang saya rasakan saya tulis di blog pribadi saya.
blog pribadi yang menurut saya isinya campur aduk.
dan sebagai wahana latihan saya belajar menulis dan merangkai kata kata
sekaligus sebagai perantara agar hati ini sedikit lega setelah menulis semuanya.

TAK INGIN MENJADI “BOS”


Menjadi seorang BOS mungkin sebagian besar mimpi orang di dunia ini.
bagiku Menjadi BOS itu berat bagai memikul beban ribuan ton di pundak ini.
tak mudah bagiku untuk menerima semua ini.
hatiku ingin berontak.
jikalau saya dipindahkan dari tempat kerja saat ini, saya sangat bersyukur sekali.
yang penting tidak menjadi seorang bos.
mungkin ini cobaan dari yang maha kuasa.
cobaan agar bisa membedahkan mana yang hak dan mana yang batil.
mana yang halal dan mana yang haram.
menjadi BOS mungkin salah satu sumber dosa yang saya perbuat.
mungkin anda memanggap saya munafik…(ITU TERSERAH ANDA) semua orang bebas menilai.
tapi saya sudah tidak kuat dan sudah tidak tahan lagi ya allah menjadi seorang BOS.
jalani hari demi hari dengan menyandang BOS sangat tidak nyaman dalam menjalani hiddup.
seakan akan hidup dikejar kejar dosa yang setipa saat membanyangi.
pindah kerja itu mungkin jalan yang terbaik.
tapi itu entah kapan.
hanya allah yang tau kapan saya pindah kerja.
YA ALLAH BERIKAN AKU YANG TERBAIK UNTUK SEMUA INI.

Wisata Hati


Wisata Bahari Lamongan 7 juni 2015

Tak ada yang tau bagaimana isi hatiku saat itu kecuali tuhan,ya waktu itu malam sekitar jam 8 malam saya meninggalkan kota pekalongan untuk menuju lamongan dalam rangka acara study tour anak kelas 6 di sdn kandang panjang 2 pekalongan. Bagaikan pertempuran hati yang sangat sulit bagi saya, mungkin bagi orang-orang pada waktu itu sangat menggembirakan karena bisa melepaskan sejenak penat kerjaan. Tapi bagiku ini bagai koin logam yang mempunyai dua sisi yang berbeda, tak lain karena saya harus meninggalkan keluarga kecil saya yaitu istri dan anak saya yang baru berumur 2 tahun.

Tak pernah terpikirkan untuk meninggalkan keluarga kecilku hanya berdua walau hanya beberapa hari. sulit rasa hati ini bisa menerima. Takut akan keresahan jiwa yang mungkin terjadi hal hal yang tak diingikan.

bus pun melaju seiring detak jantung ini menambah rasa gelisah meninggalkan anak istri sendiri dirumah. saya hanya bisa berdoa pada tuhan titip anak istri saya ya rob lindungi mereka dari mara bahaya Mu ya rob.

waktu perlahan berlalu, seiring laju bus yang meninggalkan pekalongan. Hati ini masih belum tenang memikirkan anak istri yang saya tinggalakn sendirian dirumah. memang saya tak mengajak anak dan istri saya waktu itu, yang dikarenakan menurut saya kondisi dan suasana pada saat itu kurang enak. dan saya memutuskan tidak megikutkan anak dan istri saya, dalam hati saya memang ada rencana saya juga tidak akan ikut namum tidak enak rasanya tidak menghargai, setiap pergi bersama guru guru saya tidak pernah ikut. memang bagi saya meninggalkan anak dan istri saya itu hal yang sangat sulit.

pertentangan hati yang sangat sulit. yang tak bisa dimengerti oleh orang lain.

Laju bus tak terasa sudah memasuki kota rembang, mata ini masih terjaga melihat lampu jalan bagai bintang berkelipan dilangit. Hati masih gelisah memikirkan anak istri.

laju bus semakin kencang sampai Tak terasa sudah memasuki perbatasan jawa tengah dan jawa timur tepatnya di kota tuban, laju bus sudah mulai tak karuan sampai menabrak sesuatu mungkin sang supir sudah mulai kelelahan. bus pun sudah memasuki gerbang kota lamongan dan beberapa saat lagi tiba di tanjung kodok (sekarang wisata bahari lamongan). tubuh ini menginjakkan kakinya di lamongan sekitar jam 4 an. Tibalah Rombongan BUS 2 di rumah makan Kurnia Jatim smabil menunggu BUS 1. saya membersihkan diri dan melaksanakan ibadah sholat subuh. sambil menikmati suasana pagi lamongan. selesai sarapan pagi rombongan pun masuk Wisata bahari Lamongan sekitar jam 9an.

wuiihhhh dalam hati kalo ngajak anak istri pasti seneng melihat banyak mainan sana sini. tapi apalah daya hati ini. waktu sudah menunjukkan jam 2. saatnya bergegas menuju lokasi masjid puser bumi. masjid yang ada di dalam tanah tepatnya gua karang di tuban. singkat waktu semua sudah selesai rombongan menuju pulang ke kota batik.

mata ini masih terjaga hati ini pun masih gelisah. Bus melaju tak terasa sudah memasuki kota lumpia semarang sekitar jam 12 lebih. Dalam benak tinggal beberapa jam lagi sampai di kota pekalongan.

Takdir Tuhan berkata lain,,

Bus rombongan 2 mengalami kecelakan tepatnya menabrak sepeda motor hati ini makin gelisah ada apa ini. kaca bus pun pecah akibat lemparan batu dari masyarakat yang tak terima suasana bus mulai mencekam.Bus pun berhenti tepat di depan polsek weleri kendal. sana sini sambil menunggu negoisasi apalah antara sopir dan polisi. perut ini mulai tak kompromi. Seakan akan ingin mengeluarkan Bom.

akhirnya bus pun diarahkan ke polres kendal. untuk ganti Bus dari polres kendal rombongan melanjutkan kembali perjalanan pulang ke pekalongan. tak ayal yang seharusnya sampai rumah sekitar jam 2an menjadi jam 6an.

perjalanan yang sangat menguras hati dan pikiran.

alhamdulilah sekitar jam 6an nyampe rumah.

alhamdulilah masih bisa berkumpul dengan keluarga kecil saya.

masih bisa melihat senyum anak istri.

“Kami butuh pelayanan PRIMA” dari gelap menuju cahaya.


Tak terpungkiri lagi bahwa PLN jaman sekarang lebih maju dan lebih sehat dibandingkan dengan yang dulu-dulu.PLN sekarang memang telah berbenah menjadi BUMN yang baik dan mungkin yang terbaik dibandingkan dengan BUMN lainnya. Perusahan yang mengelola listrik Negara ini kini menjadi perusahan BUMN yang lebih profesional. Kita lihat saja sekarang banyak dibangun pembangkit listrik baik dari tenag air dan sekarang yang sedang trend adalah tenaga panas bumi. Memang sudah sepantasnya PLN sebagai perusahan yang mengelolah listrik dinegeri mencari sumber sumber energi yang bisa dijadikan Sumber listrik. Walaupun belum semua pelosok negeri ini belum teraliri listrik dan walau masih banyak anak negeri ini yang masih belum dapat menikmati listirk. Kita doakan saja semoga kedepan negeri ini bisa semuaanya teraliri listrik.
Tak ada gading yang tak retak dan tak ada manusia yang sempurna itu yang kiranya saya tunjukkan pada PLN. Memang tidaklah muda mengelolah perusahan sebesar PLN. Walaupun kelihatan begitu sempurna dan begitu maju masih ada sedikit pelayanan yang masih belum memuaskan menurut saya.
Sedikit pengalaman yang saya bagikan di blog ini Ceritannya pada hari itu rumah saya listriknya padam,mungkin ada gangguan di instalasinya. Berhubung saya tidak mahir urusan listrik serta tak kesetrum maka saya lapor ke kantor PLN. Malam malam saya ke kantor PLN, saya tanya pada satpam.
“Ada di balik pintu warna merah kata satpam”.
Saya pun langsung mendatangi petugas jaga. Setalah bicara panjang lebar akhirnya petugas itu memberi saran, mungkin ada kesalahan disekringnya pak, bapak ganti aja sekringnya.ooohh yadah terima kasih Pak.
Akhirnya saya mengikuti saran petugas itu, saya beli sekring di toko. Setelah nyampe rumah saya pasang tuh sekring di tempatnya. Setelah sekringnya terpasang saya langsung nyalain tuh box listrik yang ada di luar.
Wahahhhhh akhirnya padam semua lampu tetangga juga..saya pun langsung mendatangi petugas itu. Pak gimana nih jadi se RT mati semua. Petugas itu hanya cengar cengir ohhh ya ntar saya hubungi petugas yang ada di lapangan.mungkin 1 jam kerumah bapak kata petugas.
Setelah ditunggu tunggu petugas PLN pun tidak datang datang. Saya datangi lagi tuh kantor PLN.
Maaf pak sekarang sedang banyak gangguan, semua petugas sedang ada dilapangan,jadi bapak tunggu aja,kata petugas. Saya lapor ke petugas PLN hampir ada 5 kali. Dari pada tidak enak sama tetangga,,akhirnya saya cari tukang listrik.
Siangnya tukang listrik yang saya cari dari temen saya akhirnya datang dan membetulkan salran listrik. Akhirnya nyala semua lagi listriknya walaupun rumag saya belum nyala.
Setelah dua hari datang tuh petugas dari PLN,,mana pak listrik yang rusak,,dengan santai petugas bertanya pada saya. Saya jawab sudah jadi pak.
Memang tak ada gading yang tak retak. Begitulah ungkapannya. Ideku untuk PLN “ kalau bisa ditambah lagi petugas-petugas dilapangan dan lebih prosfesional lagi dalam bekerja” terangilah negeri ini. Bawa semua pelosok negeri ini menuju cahaya.

“Waktu Yang Menentukan”


Manusia memang tiada yang sempurna. Begitu juga dengan PNS/ASN yang ada di Indonesia. Memang tak ayal lagi banyak persoalan yang melilit pegawai baik pribadi maupun masalah kerjaannya. Memang dalam berkerja seorang PNS sedah diatur dalam UU maupun peraturan-peraturan lainya. Yang terbaru adalah UU ASN no 5 tahun 2014. menjadi PNS sekarang bak primadona yang sedang digandrungi masyarakat Indonesia, dilihat dari tahun ketahun peminat PNS semakin tinggi tak hayal dikarenakan penghasilan PNS sekarang bisa dikatakan lebih baik dari yang dulu-dulu.

Seorang PNS mempunyai tupoksi masing-masing baik yang fungsional maupun yang struktural. Dalam bekerja diatur dalam UU maupun peraturan lainnya. Mulai dari naik pangkat, jam kerja, dan fungsi-fungsi lainya. Sejati setiap orang ingin bekerja dengan sebenar-benarnya. Yang akan dipertanggung jawabkan pada atasan masing-masing dan yang terpenting bertanggung jawab kepada sang pencipta tuhan yang maha mengutahui. Ya memang segala tindak tanduk kita didunia ini tak lepas dari pengawasan sang maha Mengetahui. Memang setiap orang mempunyai pribadi-masing-masing. Ada yang OK dan ada KO dalam bekerja. Ibarat dalam sebuah pertandingan ini INJURY TIME yang menentukan. Banyak kita lihat di TV mapun di media media cetak seorang PNS tertangkap petugas Satpol PP sedang makan atau sedang belanja belanja dan yang lebih gila lagi sedang kencan saat jam kerja. Memang tak semua PNS dinegeri ini bekelakuan seperti itu. Seperti yang sudah dikatakan INJURY TIME yang menentukan. Jam kerja PNS memang berbeda beda mungkin ada yang masuk jam 7 maupun jam 8 begitu juga jam pulang mungkin ada yang jam 2 ada yang jam 4 tergantung instansi masing masing. Ada yang mengatakan waktu adalah uang ada pula yang mengatakan waktu itu pedang. Apakah itu berlaku dalam kehidupan kita?? Dan Apakah dalam bekerja kita sudah benar? Sesuai etika dan peraturan yang berlaku. Memang setiap orang kelak diakhirat akan dimintai pertanggung jawaban tentang sema perbuatan yang dikerjakan selama didunia. OH MY GOD ampuni dosa hambamu ini. Tanamkan rasa ikhlas dalam hatinya.
Edisi belajar corat-coret sedang Gusar tingkat tinggi (tanah rantau PK 91014 at 2-4 am)