Bahasa Indonesia: “Metode dan Teknik Membaca Surat Kabar”


Metode dan Teknik Membaca Surat Kabar
Untuk membaca surat kabar yang efektif dan efesien, pembaca terlebih dahulu mengetahui dengan baik isi surat kabar, seperti dikemukakan oleh Tampubolon (1990 : 194) secara umum surat kabar dibagi atas : (1) berita, (2) opini (3) iklan, (4) pemberitahuan, dan (5) fiksi.
Berita adalah laporan yang benar dan pada waktunya tentang suatu peristiwa yang terjadi dalam masyarakat tentang suatu pendapat atau pikiran baru, atau tentang apa saja yang menarik serta perlu bagi pembaca umumnya. Ciri dari berita adalah faktual (berupa kenyataan yang sebenarnya), obyektif dengan pandangan pelapor sendiri, menarik, dan berguna bagi umum.
Opini adalah pandangan atau pendapat penulis dalam surat kabar yang memuat informasi tentang pikiran atau suatu peristiwa yang terjadi dalam masyarakat. Dalam surat kabar opini biasanya disiapkan dalam bentuk tajuk rencana , pojok, dan karikatur. Sedangkan opini yang merupakan pandangan penulis tertentu disajikan dalam bentuk karangan khusus (feature), surat pembaca atau kolom. Berbeda dengan berita, opini adalah hasil pengolahan (analisis) pikiran dari surat kabar atau penulis yang bersangkutan.
Iklan adalah informasi yang bersifat komersial, sedangkan pemberitahuan adalah informasi yang berupa pengumuman tentang suatu peristiwa atau hal, seperti kematian, perkawinan, lelang dan lain-lain.
Fiksi dalam surat kabar biasanya berupa cerpen, novel, atau cerita komik yang umumnya disajikan secara bersambung. Fiksi tidak selalu terdapat dalam surat kabar, tetapi pada masa-masa sekarang ini, jenis fiksi semakin umum disajikan dalam surat kabar di Indonesia.
Setelah mengetahui jenis-jenis surat kabar langkah berikutnya adalah pembaca perlu mengetahui struktur isi surat kabar, khususnya berita. Dalam membaca berita, informasi fokus bagi pembaca adalah jawaban kelima pertanyaan pokok, yaitu: apa? Siapa? Dimana? Mengapa? Bagaimana?
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam struktur berita,pada umumnya terdapat pada paragraph-paragrap permulaan.Sedangkan paragraph-paragraf selanjutnyahanya jika perlu mengetahui informasi-informasi jabaran atau tambahan.
Untuk meningkatkan efesiensi dalam membaca surat kabar, Tampubolo, (1990:197-198) menyatakan hal-hal sebagai berikut :
1. Perlu mengetahui dengan pasti tempat setiap jenis pada halaman-halaman yang dibaca.
2. Perlu megetahui dengan pasti pengaturan persambungan isi dalam surat kabar tersebut.Dalam hubungan lebih efesienmeneruskan membaca sambungan setlah selesai semua yangperlu di halaman yang beersangkutan.
3. Untuk mengetahui pandangan surat kabar(redaksi)ttenteang suatu peristiwa,pembaca perlu membaca dengan teliti tajuk rencana surat kabar,diassamping itu juga perlu memperhatikan /membaca komentar, pojok, dan karikatur.berdasarkan pandangan ini membaca akan dapat menemukan sikap atau pandangan(opini)surat kabar bersangkutan.
4. Teknik membaca iklan dan pemberitahuan adalah baca layap dan baca tatap.berdasarkan pendapat di atas,utuk lebih meningkatkan efesiensi membaca, pembaca perlu mengetshui dengan pasti tempat setiap jenis isi padda halaman-halaman surat kabar yang dibacanya.
Demikian juga membacaperlu mengetahui dengan pasti pengaturan persambungan isi surat kabar tersebut.Dalam hal ini pada umumnya lebih efesienmeneruskan membaca sehubungan sidah selesai mmbaca semua yang perlu pada halaman bersangkutan. Jika suatu berita itu dibaca dari halaman satudan berita itu bersambungke halaman berikutnya, lebih baik dibaca dulusemua berita yang perlupada halaman itu,kemudian diteruskan membaca saambungan berita tadi,sehingga pembaca tidak perlu membolak-balik halaman surat kabar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s